SiapKerja.com

Cara Memulai Bisnis Ekspor di Rumah (Bagian I)

Posted in Article by SiapKerja on September 17, 2009

Salah satu cara terbaik membangun sebuah bisnis yang sukses ialah melalui kegiatan ekspor/impor. Anda bisa menawarkan bisnis dengan klien di seluruh dunia. Anda tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya, namun harus memiliki manajemen bisnis yang baik.

Sukses memenuhi kebutuhan bisnis ekspor memerlukan perhatian ekstra dan detil. Apakah Anda tahu beberapa produsen lokal menggunakan beragam cara untuk meningkatkan pasar mereka? Atau Anda merencanakan untuk membawa produk Anda ke luar negeri dan ingin menghubungi rekan Anda untuk mendirikan sebuah bisnis?

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menjual, dan mempromosikan produk, bisnis impor dan ekspor sesuai untuk Anda. Anda hanya membutuhkan keinginan dan tekad untuk membuatnya bekerja. Silakan mempelajari bisnis ini, dan pertimbangkan risiko serta keuntungannya.

1. Anda dapat memulai bisnis ini di rumah dengan fasilitas telepon, sistem file, kartu nama, dan sebuah mesin untuk menjawab panggilan telepon. Selain itu, buatlah kepala surat yang berkelas dengan desain timbul atau berwarna emas agar Anda terlihat profesional ketika mengirimkan surat penawaran.

2. Melakukan kontak. Langkah yang paling penting dalam mendirikan bisnis Anda adalah mencari rekan berbisnis. Anda mungkin punya kerabat di negara asing untuk membangun hubungan bisnis di suatu negara. Atau, Anda mampu memprediksikan peluang bisnis baru di suatu tempat,mempertimbangkan risiko dan keuntungan. JIka demikian, yang Anda butuhkan adalah keinginan dan tekad untuk memulai bisnis.

3. Persiapkan mail campaign. Daftar semua kemungkinan kontak lalu buat surat perkenalan perusahaan Anda sertakan nama dan alamat perusahaan yang valid. Selain itu, mempersiapkan kampanye besar-besaran mail. Untuk setiap kemungkinan kontak, menulis surat memperkenalkan perusahaan Anda, yang meminta nama dan alamat perusahaan yang tepat untuk menghubungi. Anda juga bisa memposting pemberitahuan yang diterbitkan melalui buletin bulanan.

Cara termudah untuk membuat ratusan surat adalah dengan menggunakan software yang mampu memproduksi surat yang sama dengan alamat yang berbeda. Cara ini akan menghemat uang yang Anda keluarkan.

4. Mendapatkan informasi. Perkaya pengetahuan Anda dengan bacaan mengenai perdagangan bisnis melalui surat kabar internasional, majalah berita, dan laporan keuangan untuk menganalisa dan menemukan target pasar yang tepat. Bagaimana cara Anda menjual? Lakukan analisa pasar secara hati-hati dan amati tren pasar. Hal ini untuk mempermudah Anda memilih produk yang tepat untuk melakukan bisnis ekspor.

Sehingga Anda dapat menentukan barang apa yang pasar inginkan untuk ekspor dan bagaimana mendistribusikannya? Apakah perusahaan Anda menguasai wilayah tertentu, apakah memiliki cabang perwakilan penjualan di kota-kota lain?

5. Mintalah informasi apapun yang Anda butuhkan, untuk mencari tahu apa kebutuhan pasar. Jika perusahaan adalah produsen, mintalah sampel atau katalog, gambaran terkini mengenai distribusi produk, dan permintaan produk di negara tujuan ekspor. (sumber : http://www.foreign-trade.com)

About these ads

Komentar Dimatikan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: