SiapKerja.com

8 Pertanyaan Dalam Wawancara Kerja

Posted in Article by SiapKerja on Agustus 24, 2009

Wawancara

Wawancara

Dalam wawancara kerja ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda ketahui maksudnya.Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mewakili loyalitas,sifat maupun kemampuan Anda dalam bekerja.

Berikut 8 pertanyaan umum dalam Wawancara Pekerjaan.

1. Tolong ceritakan gambaran mengenai diri anda ?

Contoh jawaban:

Saya adalah lulusan dari Perguruan tinggi dengan jurusan akutansi dan keuangan di Universitas X, dengan latar belakang pendidikan tsb sya telah mempersiapkan dengan baik untuk menjadi seorang akuntan yang terbaik. Saya menguasai materi dan teori  dalam hal investasi dan saya mempunyai pengalaman di danareksa selama 3 tahun. Maka hal itu telah mempersiapkan saya untuk lebih matang lagi di pekerjaan ini.

2. Coba ceritakan tentang diri anda !

  • Ceritakan tentang diri anda, namun jangan cerita mengenai kisah  kehidupan.
  • Berikan penjelasan singkat seperti pendidikan, target jabatan yang ingin dicapai, pengalaman pada bidang pekerjaan yang anda lamar dan latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan posisi yang anda inginkan.

3. Menurut anda apa kelebihan yang anda miliki?

  • Untuk menjawab atau membicarakan tentang kelebihan, maka hal ini tergantung pada jenis pekerjaan yang anda lamar. Jadi ceritakan kelebihan  di bidang yang anda tekuni.

4. Menurut anda Apa kelemahan yang  anda miliki ?

Untuk menjawab hal ini ada pilihan untuk mengatasi pertanyaan ini :

Ungkapkan kelemahan anda sebagai suatu hal yang positif :

  • “Saya terkadang tidak sabar dan hal itu membuat saya bekerja menjadi berlebihan.”
  • ” Ketika saya memulai suatu pekerjaan, saya biasanya lupa untuk beristirahat makan siang ataupun jam pulang .”
  • ” Karena saya perfeksionis. Saya selalu menemui kesulitan dalam hal bekerjasama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, karena saya khawatir orang lain tidak dapat menyelesaikan nya sebaik saya.”

Berikan penyelesaian dengan  Kemukakan kelemahan anda dalam suatu bidang :

  • “Saya mempunyai masalah dengan pengucapan, jadi saya terbiasa membawa kamus sebagai pegangan.”

Untuk jawaban  Pilihan lain :

  • Berikan alasan yang sederhana kepada pewawancara bahwa tidak ada kelemahan anda yang akan membuat hasil pekerjaan anda tidak maksimal.
  • Beri pernyataan bahwa kelemahan anda itu adalah suatu kesalahan dan anda telah belajar dari kesalahan itu dan telah belajar untuk mengatasinya.

5. Dalam hidup ini apa yang anda inginkan

Jawab  dan ungkapkan secara halus ketika merespon pertanyaan semacam ini :

  • Kejujuran/ambisi/keinginan anda untuk bekerja pada perusahaan
  • Hindari jawaban yang seakan-akan perusahaan itu milik anda.
  • Jangan mengungkapkan secara keseluruhan akan hal yang menyangkut pribadi ( seperti pernikahan, keluarga), namun fokus pada tujuan anda secara professional.

6. Apakah pernah anda mempunyai masalah atau konflik dengan atasan atau pengajar anda?

  • Pewawancara akan melihat apakah anda adalah seseorang yang berkualitas atau calon pegawai yang biasa-biasa saja.
  • Hati –hati jangan terjebak dalam menjawab pertanyaan ini.
  • Dan jika anda benar TIDAK pernah punya masalah dengan atasan atau pengajar anda , ceritakan bagaimana untuk mengatasinya apabila  anda bertemu dengan masalah.

7.Saya ingin tahu kenapa IPK anda tidak terlalu tinggi?

Anda jangan menyangkalnya atau membuat-buat alasan. Respond an jelaskan dengan baik karena dengan respon anda akan dapat mengubah nilai anda kandidat karyawan yang mungkin akan dipertimbangkan.

  • Jelaskan kalau Anda sangat aktif pada olahraga, kegiatan di luar kampus yang menyebabkan penurunan nilai anda, namun hal itu membuat anda senang berkompetisi. Dan akhirnya anda mendapat prestasi di bidang olah raga yang anda tekuni.
  • Anda bekerja sambilan semasa anda kuliah yang membuat penurunan nilai, namun membuat anda mempunyai pengalaman tentang pekerjaan.
  • Anda membuat beberapa kesalahan, dan anda telah belajar dari kesalahan itu dan menjadikan kesalahan itu sebagai pengalaman anda.

8. Apa alasan anada melamar perusahaan kami?

  • Ceritakan  dengan jelas bahwa kemampuan anda miliki bisa  memenuhi kebutuhan dari perusahaan.
  • Ceritakan apa yang membedakan anda dengan kandidat lain dan anda yakin bisa melaksanakan job yang akan dibebankan ke anda.

Sumber : berbagai Sumber.

Apakah Ada tambahan yang lainnya?

Tinggalkan Balasan

