SiapKerja.com

Puasa Bukan Halangan Bekerja

Posted in News by SiapKerja on Agustus 24, 2009

BEBERAPA orang berusia hampir sebaya yaitu dari 19 sampai 21 tahun sedang sibuk memegangi selang untuk menyemprotkan air sambil menggosok sepeda motor. Walaupun baru saja matahari mulai naik, saat itu pukul 08.30 wita namun pencucian sepeda motor Jl Awang Long Senopati Kelurahan Sukarame Tenggarong milik Rudi sudah ramai oleh pemilik motor pemakai jasa pencuciannya itu.

Meski puasa, para pemuda ini tetap giat melakukan pekerjaannya, mencuci motor (foto : Heru)

Hal itu tampak dari delapan orang pemuda yang merupakan anak buah Rudi itu semuanya sibuk mencuci sepeda motor, bahkan dipinggir jalan pun beberapa motor tampak diparkir untuk menunggu giliran “dimandikan”.

“Anak buah saya itu Alhamdulillah semuanya puasa. Puasa tidak menghalangi mereka untuk tetap bekerja,” ujar Rudi sambil menunjuk kearah anak buahnya yang sibuk berkerja, saat ditemui disela-sela mengelola usahanya.

Dijelaskan, anak buahnya itu tidak pernah kendor bekerja walau puasa, bahkan semangatnya meningkat karena akan menghadapi Lebaran. Sehari rata-rata 120 sepeda motor masuk kepencuciannya dari pukul 07.00 hingga tutup pukul 17.30 wita, dengan harga cuci Rp 5 ribu per sepeda motor. Dari Rp 5 ribu itu, separonya (Rp 2.500) adalah hak dari pencucinya.

“Jadi sehari mereka (anak buahnya.red) paling sedikit per orang menghasilkan Rp 40 ribu, bahkan jika ramai bisa lebih dari itu,” ujar pria 40 tahun itu.

Sedangkan penghasilan bersih untuk Rudi sendiri minimal perharinya Rp.200 ribu yang sudah dipotong biaya operasional untuk bahan bakar dan sabun pembersih sepeda motor.

Tak hanya itu, jatah makan dua kali sehari untuk anak buahnya sebagai mana diberikannya diluar bulan Ramadhan juga tetap diberinya, namun di bulan Puasa ini diganti dengan makanan untuk buka dan Sahur.Setiap Lebaran Rudi juga rutin memberi paket Sembako untuk pekerjanya.

Bapak tiga anak itu megatakan bahwa usahanya itu dimulai sejak 10 tahun lalu tepatnya tahun 1999, sampai saat ini bertahan dan selalu ramai. Karena di pencucian miliknya tak kenal langganan, siapa saja yang datang akan dilayani dengan baik dan selalu berusaha mencuci kendaraan dengan teliti agar bersih merata.
“Disini diutamkan pelayanan dan kebersihan, Alhamdulillah usaha ini tetap bertahan,” paparnya. (hmp03)

dikutip dari: www.vivaborneo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: