SiapKerja.com

Pemerintah Dorong Perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di Perusahaan

Posted in Article by SiapKerja on Agustus 29, 2009

Pemerintah senantiasa mendorong adanya perundingan dan perumusan Perjanjian Kerja Bersama PKB) di perusahaan – perusahaan di Indonesia. Perundingan PKB ditujukan dalam upaya menciptakan hubungan industrial dan hubungan bilateral yang harmonis, berkeadilan dan bermartabat antara pengusaha dan pekerja/buruh.

Untuk mendorong agar semakin banyak perusahaan yang memiliki PKB, Pemerintah telah melakukan kerjasama dan proses sosialisasi kepada Asosiasi pengusaha Indonesia, federasi dan Konfederasi Serikat Pekerja dan buruh serta melibatkan LKS Tripartit. Menurut data Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, sampai saat ini tercatat 10.501 perusahaan yang telah memiliki PKB.

Demikian diungkapkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi DR. Erman Suparno MBA, M. Si saat menyaksikan penandatanganan PKB antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan Serikat Karyawan Jasa Marga (SKJM) di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu ( 29/7).

Menakertrans mengatakan perundingan PKB yang melibatkan pengusaha/manajemen dengan pekerja/buruh yang diwakili Serikat Pekerja / Buruh (SP/SB) merupakan landasan utama dalam menciptakan hubungan industrial dan hubungan bilateral yang baik. Hal inilah yang menjadi perhatian pemerintah untuk meminimalisasi adanya perselisihan hubungan industrial yang bisa berakibat pada terjadinya PHK.

Dalam jalinan hubungan bilateral yang didukung suasana musyawarah, demokratis dan kekeluargaan dalam setiap perusahaan, diharapkan akan terbentuk suasana ketenangan bekerja, berkurangnya perselisihan hubungan industrial, kelancaran usaha dan produksi yang nantinya berujung pada kesejahteraan pekerja / buruh.

”Dibutuhkan kerja sama dan kebersamaan kedua belah pihak yang beruding untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak. Pemerintah dalam hal ini lebih mendorong dilakukannya hubungan bilateral untuk memecahkan setiap permasalahan yang terjadi dalam hubungan kerja. Jadi sifatnya lebih condong kepada fisosofiTut Wuri Handayani, ” kata Menakertrans.

Menakertrans menambahkan setelah dicapainya perundingan PKB, langkah selanjutnya adalah proses sosialisasi kepada seluruh pekerja/ buruh mengenai seluruh ketentuan peraturan perundangan yang termuat dalam PKB. Kedua belah pihak wajib melaksanakan dan mematuhi isi dari kesepakatan PKB tersebut.

Dalam kesempatan ini, Menakertrans mengungkapkan pemerintah telah berupaya untuk meningkatkankan kesejahteraaan pekerja / buruh melalui berbagai cara, diantaranya melalui program Peningkatan Kesejahteraan Pekerja melalui Percepatan Pembangungan Perumahan Pekerja (P5KP), pembentukan LKS Bipartit, pemberian subsidi uang muka perumahan, pembentukan klinik pekerja, Koperasi Pekerja, pembentukan PP dan PKB serta peningkatan kepesertaan Jamsostek dan CSR.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PKB antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan Serikat Karyawan Jasa Marga (SKJM) dilakukan Direktur Utama PT Jasa Marga dan Ketua Serikat Karyawan Jasa Marga (SKJM). PKB yang berlaku untuk periode 2009 – 2011 ini merupakan PKB yang ke-5 (lima).

Hadir pula dalam kesempatan ini Dirjen PHI dan Jamsos Depnakertrans, Myra M. Hanartani, Direktur Persyaratan Kerja, Kesejahteraan, dan Analisa Diskriminasi Ditjen PHI dan Jamsos Ruslan Irianto Simbolon dan karyawan Jasa Marga.

Pusat Humas Depnakertrans

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: