SiapKerja.com

Modus Penipuan Desain bagi FreshGraduate

Posted in News by SiapKerja on September 8, 2009

Anda pencari kerja?

Bisa melakukan image editing atau image cropping untuk website dengan AdobePhotoshop atau lainnya?Waspadalah.

Modus penipuan bagi para pencari kerja terutama mereka yang masih freshGraduate, dengan berkedok wawancara dan pengujian kemampuan oknum perusahaan berusaha mengambil untung dengan jasa desain atau editing gratis. Caranya sederhana, hanya dengan mengundang pencari kerja yang memiliki kemampuan editing. Setelah pencari kerja tiba di lokasi wawancara oknum perusahaan meminta untuk korban agar mengerjakan imageCropping.

Seorang korban menceritakan kasus ini yang dialaminya 2 tahun lalu ketika masih freshGraduate. Korban adalah lulusan Universitas terkenal di JakartaBarat. Ia menyadari ini sebagai penipuan karena beberapa kawannya pun mengalami hal yang sama. Mulai dari lokasi, suasana wawancara hingga iming-iming bayaran Rp. 100 ribu per jam nya. Dari lokasi yang diberikan pihak korban sayangnya sudah tidak dapat kami telusuri lagi karena telah berubah fungsi sebagai gudang.

—Modus yang dilakukan:

Agar lebih meyakinkan oknum perusahaan mengiming-imingi bayaran Rp.100 ribu per jam-nya dengan kondisi dapat menyelesaikan maksimal dalam 2 jam dan bila lebih, tidak diberikan bayaran. Korban diminta mengerjakan 5 desain website dan masing-masing 5 desain turunannya  dari gambar-gambar yang telah disediakan.Ditambah lagi dengan   3 desain brosur,  juga dengan gambar yang telah disiapkan.Wah Bukan main banyaknya,ya.

Oknum perusahaan sengaja telah mempersiapkan  gambar-gambar  untuk kemudian digabungkan sesuai dengan kreatifitas sang korban. Korban akan menggabungkannya  hingga membentuk desain website yang serupa dengan ‘tugas’ yang diberikan oknum perusahaan. Desain website  terdiri dari 1(satu ) desain utama dengan fungsi : Dapat memanggil halaman lainnya yang memiliki desain berbeda-beda. Sedangkan untuk brosur desain harus disesuaikan dengan tema desain website yang telah dibuat.

Seluruh desain website memang hanya sampai pada format *.html/htm saja, namun format inilah yang memang diinginkan pihak oknum perusahaan untuk mempermudah dirinya dalam membuat contoh desain website.

–Pengujian :

Tim kami di SiapKerja telah melakukan pengujian akan kasus ini.

Kami meminta desainer kami untuk membuat 5 desain website dan turunanya sebanyak 5, serta kami memberikan beberapa gambar agar digabungkannya. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat 5 desain web komplit membutuhkan waktu rata-rata 35 menit untuk 1 desain utama dan 3 untuk desain turunanya. Jadi memang sulit bagi korban untuk menyelesaikan 5 website dan turunannya saja dalam waktu tersebut.

–Kesimpulan :

Dengan kata lain desain yang telah dibuat korban akan didapatkan oknum perusahaan secara gratis. Dan, bila memang ada yang dapat menyelesaikan dalam tempo cepat maka itupun tidak akan merugikan pihak oknum perusahaan. Karena mengeluarkan biaya 200 ribu lebih murah dibandingkan harus menyerahkan desain kepada desainer berpengalaman hanya untuk melakukan desain HTML saja. Untuk brosur, sama juga perlakuannya.

Jadi tetaplah berhati-hati akan penipuan, yang bahkan dapat dilakukan oleh oknum perusahaan berkedok Lowongan kerja.

Salam SiapKerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: