SiapKerja.com

Menghidupkan Merek(1)

Posted in InspirasiBuku by SiapKerja on September 10, 2009

unilever-brand-imprintMerek menentukan bisnis apa yang akan dilakukan dan apa secara keseluruhan dilakukan. Merek menghubungkan bisnis dengan konteks nya, dengan pelanggannya, dan dengan pemegang saham atau para pendirinya.

Merek yang kuat menghubungkan perusahaan dengan konsumen, baik secara emosional dan praktis. Hal yang paling penting adalah meyakinkan bahwa janji-janjinya akan menjadi kenyataan sepanjang waktu. Merk adalah bagian dari Janji , Wajah, serta reputasi bisnis itu sendiri. Sebuah merek dapat menjadi sebuah entitas yang penting bagi pebisnis dan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari pelayanan yang akan diberikan dari sebuah merek. Bahkan banyak merek saat ini yang didalamnya didorong kuat oleh Merek Pendirinya (parents brand). Pada masa lalu mungkin anda tidak mengenal P&G dan Unilever dibandingkan dengan produk yang sehari-hari yang sering kita ketahui dari mereknya. Yang saat ini Unilever dan P&G telah menjadi parents brand mulai dari sabun cuci hingga es krim di kemasannya.

Secara organisasi , ini berarti bahwa merek menjadi semakin melebar , semakin tinggi dan memiliki fungsi non-fungsional, lebih dari sekedar tanggung jawab fungsional dari departemen pemasaran.

——–

  • Merek menentukan organisasi dan hampir semua pemilik andil(pemilik saham) yang bekerjasama dalam perusahaan tersebut.
  • Merek sebaiknya mencerminkan kebutuhan dan motivasi dari pegawai dan pemilik saham/pendiri, demikian juga halnya kebutuhan pelanggan/target pasar.
  • Merek dapat saling menutupi dan saling melengkapi dengan strategi bisnis dan nilai-nilai budaya yang dapat menjadi ciri khas serta target industri.Dalam bisnis sebaiknya secara konsisten berusaha untuk bersekutu dengan hal-hal tersebut.
  • Merek disajikan melalui sumber daya manusia dan hubungan dengan investor sama halnya dengan pemasaran.

Kesimpulan :

Merek adalah reputasi perusahaan.Dalam menentukan sebuah merek, segala aspek harus diperhatikan. Mulai dari segi budaya, target dan kebutuhan dari pasar dan pelanggan.

Bangun Kosistensi melalui filosofi dan arti merek. Melalui arti dan mengapa merek diciptakan harus dijadikan panutan bagi pegawai dan pemilik untuk bersama-sama bekerja didalamnya.

Salam SiapKerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: