SiapKerja.com

Pemerintah Merekomendasikan Gaji Minimum TKI

Posted in News by SiapKerja on Mei 20, 2010

TKI IndonesiaKementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan segera merekomendasikan standar gaji minimum bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja Negara-negara penempatan. Untuk mendukung kebijakan tersebut, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar meminta kepada pimpinan pemerintah daerah-daerah perekrutan untuk melakukan sosialisasi sekaligus pengawasan mengenai kontrak kerja dan standar gaji minimum kepada masyarakat yang ingin berangkat menjadi TKI.

”Saya akan melakukan kampanye di daerah perekrutan yang sudah saya identifikasi daerahnya agar supaya masyarakat yang mau berangkat ke luar negeri tahu data berapa gaji yang didapat,” kata Menakertrans di kantor Kemenakertrans Jakarta, Kamis (20/5), seusai melantik pejabat eselon II di lingkungan Kemenakertrans.

Menakertrans mengatakan sampai saat ini pihaknya masih mendapati kasus adanya TKI yang menandatangani kontrak kerja tetapi tidak mengetahui gaji minimum yang didapat, yang mengakibatkan TKI tersebut bekerja tetapi malah tidak sejahtera.

“Kedepannya saya minta kepada para pimpinan daerah-daerah perekrutan untuk melakukan konfirmasi soal kontrak kerja bagi masyarakat yang akan menjadi TKI, termasuk kejelasan lokasi tempat kerja dan juga gaji minimum yang akan diberikan para pengguna jasa di luar negeri sebelum mereka berangkat ” kata Menakertrans.

Selain itu, Menakertrans mengatakan Kemenakertrans akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional untuk memberikan pendidikan dan pelatihan bahasa kepada calon TKI.

”Kami juga meminta Kementerian Pendidikan Nasional untuk memberikan pelatihan bahasa kepada calon TKI melalui pendidikan luar sekolah, demikian juga menyampaikan informasi tentang prosedur legal sebelum bekerja di luar negeri,” katanya.

Mengenai TKI di Malaysia, Muhaimin mengatakan pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk tidak mencantumkan masalah gaji minimum TKI dalam nota kesepahaman yang akan ditandatangani dalam waktu dua bulan mendatang.

“Karena Malaysia tidak mengenal standar gaji minimal maka solusinya masing-masing negara mengontrol harga dasar pasar yang berlaku,” katanya.

Menakertrans pun meminta kepada semua pihak untuk mengawasi kontrak kerja TKI agar mereka tidak digaji dibawah harga pasar. “Kita juga akan mengawasi agar PPTKIS (pelaksana penempatan TKI swasta) menjaga hal itu (kontrak kerja). Masyarakat juga agar tidak berangkat (menjadi TKI) bila digaji dibawah standar,” katanya.

Menakertrans berkeinginan agar nota kesepahaman (MoU) mengenai tenaga kerja Indonesia dengan Malaysia bisa ditandatangani paling lama dua bulan sejak nota kesepakatan (letter of intent) ditandatangani Senin (17/5) kemarin.

Dia mengatakan secara substansial MoU tidak akan berubah dari LoI yang telah ditandatangani, hanya masalah bahasa diplomasi yang akan dibahas di masing-masing negara.

Pusat Humas Kemenakertrans

Sumber :http://www.nakertrans.go.id/news.html,434,naker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: